2016 SK PP Jesica Fitriana Martasari [19013149] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Pemasaran online merupakan salah satu isu penting dalam era globalisasi ini. Pertumbuhan pemasaran online di Indonesia menunjukan presentase tertinggi dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia-Pasifik (McCarthy, 2013). Pemasaran online adalah aplikasi dengan tujuan pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi digital terkait (Chaffey, 2000). Salah satu contoh dari pemasaran online adalah website. Perkembangan strategi pemasaran online saat ini menarik perhatian toko Cahaya Rumah Furniture untuk mengikuti perkembangan strategi pemasaran melalui online dengan cara membuat website. Meningkatnya penggunaan internet untuk mengakses informasi dan penjualan secara online menarik perhatian untuk mempelajari lebih lanjut tentang kinera webite berikut dengan cara mengevaluasi sebuah website. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja website milik toko Cahaya Rumah Furniture berdasarkan permintaan dari pemilik toko itu sendiri. Dalam penelitian ini, akan ada tiga variabel dependen yang akan diukur terkait dengan kinerja website. Variabel dependen adalah kemudahan penggunaan website, desain website, dan kualitas konten website. Dimana, variabel independen itu sendiri adalah kinerja website. Terdapat dua metode yang akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif akan menjadi metode utama yang akan digunakan dalam penelitian dan data kualitatif sendiri akan digunakan sebagai informasi pendukung yang berguna untuk mengembangkan penelitian ini. Data kuantitatif akan dikumpulkan melalui suvei dengan cara membagikan kuisioner penelitian dan data kualitatif akan dikumpulkan dengan melakukan wawancara. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang pendapat pengguna website terhadap kinerja website berdasarkan tiga variable. Di sisi lain, metode kualitatif akan digunakan untuk mengeksplor informasi tambahan baik dari situs pengguna website maupun perusahaan itu sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua dependen variabel secara signifikan menpengaruhi kinerja dari situs website Cahaya Rumah Furniture. Dengan jumlah total 222 responden dari kuesioner, hal ini menunjukan bahwa mereka setuju bahwa kemudahaan penggunaan website, desain website, dan kualitas konten website merupakan aspek penting yang berkaitan dengan pengukuran kinerja website yang baik. Selain itu, kualitas isi website menjadi aspek yang paling penting menurut sudut pandang kostumer. Akhir penelitian ini sendiri akan memberikan kesimpulan yang menjawab tujuan dari diadakannya penelitian ini. Peneliti sendiri juga akan memberikan beberapa rekomendasi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja website milik toko Cahaya Rumah Furniture.