digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Selebriti endorsement menjadi salah satu bentuk iklan yang paling sering dilakukan di Instagram. Banyak retailer online menggunakan cara ini untuk membantu mereka meningkatkan jumlah pengikut (follower), kesadaran merek, dan akhirnya meningkatkan jumlah penjualan. Namun, masih sedikit studi yang secara khusus membahas bagaimana pengaruh selebriti endorsement di Instagram terhadap niat beli. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari kredibilitas selebriti endorsement di Instagram ke sikap konsumen terhadap iklan dan niat beli. Kredibilitas selebriti endorsement diteliti melalui variable keahlian (expertise) dan kejujuran (trustworthiness). Pengaruh tidak langsung dari kredibilitas selebrity endorsement terhadap niat beli melalui sikap konsumen terhadap iklan juga akan diteliti dalam studi ini. Selain itu, studi ini juga menjelaskan tentang preferensi konsumen terhadap selebriti endorsement dan bukan-selebriti (selebgram) endorsement di Instagram. Pengumpulan data primer dilakukan melalui survey menggunakan angket. Jumlah seluruh responden dalam riset ini sebanyak 387 responden. Untuk teknis analisis, studi ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil dari studi ini menemukan bahwa selebriti sebagai seorang endorser lebih menarik perhatian, lebih disukai, lebih meyakinkan, lebih dipercaya, dan lebih mempengaruhi konsumen dibandingkan dengan endorser selebgram (bukan selebriti). Keahlian dan kejujuran ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen terhadap iklan dan niat beli. Niat beli dipengaruhi oleh keahlian, kejujuran, dan sikap konsumen terhadap iklan. Keahlian dari endorser memiliki peran penting dalam menciptakan sikap konsumen yang baik terhadap iklan. Sementara sikap konsumen terhadap iklan menjadi variabel terkuat yang mempengaruhi niat beli.