digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Make-up artis adalah salah satu bisnis yang saat ini memiliki permintaan tinggi di pasaran. Saat ini banyak make-up artis baru muncul di pasaran. Bygitahrs adalah salah satu makeup artis baru di Bandung. Karena ada begitu banyak pesaing, Bygitahrs ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak dan memperluas pangsa pasar melalui keunggulan kompetitif. Sebelum melangkah ke depan, yaitu membuat rencana binis, harus dilakukan beberap analisis. Analisis ini untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi Bygitahrs saat ini dan masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah mempersiapkan dan membuat rencana bisnis yang dapat diaplikasikan secara sederhana oleh Bygitahrs. Tahapan pembuatan rencana bisnis dimulai dengan melakukan analisis perusahaan, analisis pasar, dan analisis kompetitor yang didasarkan pada penelitian primer dan penelitian sekunder. Data dari analisis akan digunakan untuk membuat strategi bisnis yang baru. Strategi yang digunakan adalah strategi Growth Hacking yang sudah terbukti dapat membuat bisnis lebih efektif dan tumbuh secara signifikan dalam waktu singkat. Daftar program yang telah direncanakan adalah photoshoot, upgrading skills, regular post, endorsement, giveaway, cashback, collaboration, tutorial make up, dan insta-story sharing. Perancangan bisnis ini akan menggunakan Rp24.500.000 dari profit Bygitahrs di tahun 2017. Setalah perhitangan yang pendek, Bygitahrs akan mendapatkan Rp 315.000.000 Gross Profit dan Rp 138.400.000 sebagai total pengeluaran. Di akhir Desember 2018, Bygitahrs akan mendapatkan Rp 176.600.00 sebagai Net Profit.