digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pelanggan kini menjadi lebih impulsif dan platform pembelian online merespons dengan memberikan lebih banyak promosi, terutama semenjak pandemi. Peristiwa ini dapat mempengaruhi secara berbeda dalam orientasi budaya yang berbeda, sehingga dampak dari fenomena ini perlu dipelajari. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara holistik pengaruh makna diri yang dimediasi oleh impulsif terhadap niat beli di eCommerce dengan dimoderatori oleh promosi. Menurut temuan studi lintas negara ini, yang mencakup 182 responden kuesioner dari Indonesia dan Belanda, makna diri interdependen (versus independen) cenderung membeli lebih banyak secara daring dan independen memiliki sifat impulsif yang lebih tinggi. Namun, bertentangan dengan penelitian sebelumnya, impulsif dan promosi tidak memiliki peran signifikan dalam hubungan antara makna diri dan niat beli di eCommerce. Meskipun riset ini menambah pemahaman mengenai perilaku konsumen dan niat membeli di eCommerce, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya dampak impulsif dan promosi. Secara manajerial, hasil riset ini membantu pemahaman yang lebih mendalam mengenai lingkungan pasar di Belanda dan Indonesia yang membuktikan bahwa konsumen Indonesia lebih banyak membeli melalui belanja online dibandingkan konsumen Belanda.