digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Harry Sipangkar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza






PUSTAKA Harry Sipangkar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Mattea Social Space adalah sebuah tempat semi cafe dan semi restoran yang didirikan pada Mei 2021 dan dijalankan oleh PT. Hita Creative Nusantara. Tempat ini fokus pada penjualan berbagai makanan dan minuman, serta area duduk pelanggan dengan tema tropis dan industri, dengan sebagian besar area berada di luar ruangan. Sayangnya, Mattea Social Space mengalami penurunan jumlah pelanggan dalam beberapa bulan terakhir, dengan tren penurunan yang dimulai di tengah tahun. Peneliti bertujuan menemukan strategi terbaik untuk meningkatkan basis pelanggan dengan memanfaatkan masyarakat dan menciptakan rencana implementasi untuk strategi yang diusulkan. Kerangka konseptual yang digunakan dalam studi ini didasarkan pada ide bahwa "pemasaran masyarakat" dan "pembangunan masyarakat" akan mempengaruhi "loyalitas merek", yang pada gilirannya akan mengarah pada "peningkatan jumlah pelanggan". Untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan analisis internal dan eksternal sebagai alat untuk mengembangkan program dan strategi yang akan diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan pelanggan di Mattea Social Space kemungkinan disebabkan oleh banyak pelanggan yang pindah ke tempat lain dengan suasana yang berbeda. Sebagai hasilnya, Mattea Social Space perlu menemukan keunggulan kompetitif tanpa mengeluarkan banyak uang untuk area di luar bangunan. Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang disarankan untuk meningkatkan pelanggan di Mattea Social Space adalah dengan menciptakan Ekosistem Masyarakat Mattea Social Space di mana tempat ini menjadi tempat berkumpul bagi berbagai masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan. Selain itu, program pelatihan karyawan yang teratur terkait peningkatan pelayanan dan pengembangan produk juga harus dijadwalkan, serta pemeliharaan rutin untuk semua area dan peralatan yang dimiliki oleh Mattea Social Space. Strategi ini akan diimplementasikan dan dikontrol melalui pembuatan rencana untuk tahun kalender 2023, termasuk indikator kinerja kunci (IKK) spesifik untuk setiap tindakan. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa membangun kehadiran masyarakat yang kuat dan meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan di Mattea Social Space akan menjadi kunci untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan kesuksesan keseluruhan dari tempat ini.