Manajemen proses merupakan suatu upaya sistematis pengelolaan proses yang
dapat memberikan efek positif terhadap performa, namun efek tersebut kontingen
terhadap karakteristik proses. Belakangan ini pendekatan riset dan praktik dalam
manajemen proses bisnis semakin berfokus pada keunggulan operasional yang
berorientasi pada proses. Salah satunya adalah analisis proses melalui teknik
process mining. Penelitian ini mengeksplorasi karakteristik proses melalui analisis
data historis perusahaan serta mengembangkan metode yang memanfaatkan teknik
process mining. Metode ini didesain sebagai perluasan dari tahapan inisiasi dan
diagnosis di dalam kerangka kerja perbaikan proses operasional; dan ditujukan
untuk menginvestigasi karakteristik variabilitas, interdependensi, dan diferensiasi
dari proses berdasarkan event log yang diekstraksi dari sistem informasi. Untuk
memvalidasi metode yang dikembangkan, metode ini diujicobakan terhadap data
ERP aktual dari sebuah perusahaan manufaktur di Indonesia. Temuan dari metode
ini dapat digunakan sebagai instrumen untuk membedakan proses-proses di dalam
organisasi, membantu memprioritaskan inisiatif perbaikan, dan merencanakan
langkah untuk tahap berikutnya di dalam proyek perbaikan proses.