digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Niken Pawestri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Niken Pawestri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Niken Pawestri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Niken Pawestri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Niken Pawestri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Niken Pawestri
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Konsep CRM (Customer Retention Management) dalam Indirect bisnis untuk bisnis pelumas hanya mencakup mitra bisnis (pemilik bengkel dan mekanik) saja. Perusahaan GOLDEN PEARL telah mengembangkan aplikasi CRM dengan berbagai program loyalitas pelanggan untuk pemilik bengkel sebagai mitra bisnis mereka yang disebut RAME. Aplikasi RAME memberikan Proposisi Nilai Pelanggan yang jelas sebagai pemimpin platform CRM dan perdagangan digital tanpa sentuhan dan tak terbantahkan dalam industri pelumas B2Ci. Namun, proses bisnis aplikasi RAME tidak melibatkan konsumen akhir (pemilik mobil dan motor). Diyakini bahwa industri pelumas tidak akan berakhir karena didorong oleh konsumen. Sebaliknya, itu digerakkan oleh bengkel dan mekanik. Dengan demikian, satu-satunya manfaat saat ini bagi konsumen akhir adalah harga kompetitif dari layanan dan produk bengkel. Program loyalitas yang ada mengesampingkan peran konsumen akhir (pemilik mobil dan sepeda motor) untuk meningkatkan volume penjualan dan penggerak produk premium. Untuk menutup celah ini, Perusahaan Pelumas GOLDEN PEARL sedang mengembangkan aplikasi CRM untuk konsumen akhir (pemilik mobil dan sepeda motor) yang disebut aplikasi STAR. Pelumas GOLDEN PEARL memutuskan untuk menciptakan ekosistem digital sebagai landasan bisnisnya. GOLDEN PEARL Lubricants bertujuan untuk mengoptimalkan aset digital dan berwujud yang menghadirkan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi bisnis baru untuk mengembangkan aplikasi kedua CRM yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan berhasil menembus konsumen akhir (pemilik sepeda motor dan mobil), mengidentifikasi fitur yang menarik bagi konsumen akhir, dan memberikan rekomendasi dan rencana implementasi dari proses pengembangan hingga komersialisasi untuk aplikasi CRM baru.