digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Wawan Edi Saputra
PUBLIC Irwan Sofiyan

Jumlah kendaraan bermotor besar atau Heavy Goods Vehicle (HGV) di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 5,68% pertahun berdasarkan data Badan Pusat Statistik Indonesia kurun 2014-2018. Peningkatan ini menaikkan resiko kasus kecelakaan underride antara HGV dengan kendaraan penumpang. Kecelakaan ini memiliki tingkat fatalitas yang sangat tinggi. Data dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyebutkan kecelakaan underride memiliki persentase fatalitas 14% atau kedua teratas setelah kasus frontal crash. Tingginya tingkat fatalitas mendorong banyak riset dikembangkan pada struktur passive protection system yang disebut Rear Underride Protection (RUP). Struktur ini berfungsi meminimalisir injury severity rate dengan mengeliminasi terjadinya structure mismatch. Mengacu pada regulasi Canada Motor Vehicle Safety Standard (CMVSS) No. 223, struktur RUP harus mampu menahan beban rear impact minimum 350 KN dan menyerap energi sebesar 20 KJ. Dari persyaratan tersebut, dilakukan riset untuk mengembangkan performa RUP dengan strategi space frame structure. Inovasi ini banyak diaplikasikan pada industri struktur ringan untuk mendapatkan komponen yang kuat dan juga ringan. Studi parametrik pada beberapa variasi dilakukan untuk mendapatkan konfigurasi RUP yang optimal. Variasi yang disimulasikan yaitu perbedaan bentuk geometri cross section, dan strategi connection antar komponen. Proses simulasi numerik berbasis finite element method (FEM) dilakukan melalui software explisit dynamics LS-DYNA. Struktur RUP dimodelkan menggunakan elemen 2D-shell dengan material isotropik mild steel dan AA 6061-T6. Dari hasil simulasi beban quasistatic kecepatan 0,5 mm/ms pada setengah dari panjang komponen guard, konfigurasi struktur RUP-Space Frame dengan bolt attachment tipe M-14 dapat menghasilkan performa Peak Force (PF) 281 KN dengan Energy Absorption (EA) sebesar 21,1 KJ. Performa ini cukup comparable terhadap hasil pengujian rear impact RUP-Wabash trailer dengan selisih EA sebesar 1,86%.