Peningkatan penggunaan layanan media sosial yang cukup signifikan
menghasilkan sejumlah besar data yang dihasilkan pengguna. Data yang
dihasilkan oleh pengguna dibagikan ke publik dengan tujuan seperti analisa
perilaku konsumen, analisa penyebaran penyakit analisa pandangan politik dan
lain sebagainya. Data tersebut menarik perhatian banyak pihak seperti perusahaan
iklan, pemerintah, penambang data atau bahkan pihak yang memiliki niat buruk.
Namun pempublikasian ini menimbulkan ancaman privasi penggunanya.Dalam
sepuluh tahun terakhir telah dilakukan banyak penelitian yang berusaha
memberikan solusi terhadap perlindungan privasi terhadap data media sosial.
Namun, tinjauan sistematis tentang dinamika penelitian privasi di media sosial,
dan temuan pendekatan solusi privasi terbaru dari perspektif yang lebih luas,
masih belum tereksplorasi dalam literatur terkini. Tesis ini mengkaji solusi –
solusi dan masalah privasi di media sosial melalui metodologi tinjauan literature
sistematis dengan analisis kualitatif yang bertujuan untuk mencari kesenjangan
penelitian dan mengetahui potensi pengembangan metode serta arah penelitian di
masa depan mengenai solusi perlindungan privasi pada data di media sosial. Pada
penelitian tesis ini penulis mengkaji state of the art pada perlindungan privasi
dalam pembpublikasian data, ancaman privasi, metriks untuk mengukur efektifitas
metode perlindungan privasi dan masalah yang timbul dari perlindungan
privasiseperti menurunya utilitas data dan informasi yang hilang