digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Krishanti Andarini
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Krishanti Andarini
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Krishanti Andarini
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Krishanti Andarini
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Krishanti Andarini
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Krishanti Andarini
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Di Indonesia, merk mobil Toyota memang masih menjadi market leader dengan market share senilai 33,3%. PT Toyota-Astra Motor (PT TAM), adalah perusahaan distributor resmi untuk mobil dan suku cadang Toyota di Indonesia. Tentunya PT TAM melihat peluang akan bisnis otomotif tersebut dengan membuat produk pelumas mobil khusus untuk merk Toyota yaitu TMO atau Toyota Motor Oil. Namun, sayangnya masyarakat masih sedikit yang mengetahui merk TMO tersebut. Hal tersebut tercermin melalui kuesioner yang telah disebar oleh penulis ke 255 responden, dan hanya 30% yang mengetahui merk TMO. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner untuk memberikan gambaran kondisi pasar terkait dengan TMO dan wawancara kepada berbagai fungsi di PT TAM. Selain itu, data sekunder didapatkan dari data internal PT TAM, artikel, dan juga literatur yang terkait. Untuk analisis Analisis internal pada penelitian ini berasal dari STP, marketing mix 7P’s, dan analisa brand. Sedangkan untuk analisa eksternal pada penelitian ini berasal dari analisa pelanggan dan kompetitor. Hasil dari penelitian ini adalah perumusan STP untuk masing-masing lini produk oli mesin TMO dan aktivitas marketing yang disusun menggunakan AIDA, yaitu aktif dalam kegiatan digital marketing di bebagai media sosial, pembuatan website resmi TMO, berkolaborasi dengan automotive influencer, membuat kompetisi TMO, memberikan ads gimmick, membuat WhatsApp resmi TMO, memberikan kampanye promosi TMO di berbagail media sosial, dan membuat aplikasi khusus TMO yang dapat mengakomodir informasi berupa lokasi pembelian produk baik offline maupun e-commerce dan katalog produk yang diikuti dengan kemudahan transaksi pembelian TMO dengan berbagai metode pembayaran