Di Indonesia, merk mobil Toyota memang masih menjadi market leader dengan market share
senilai 33,3%. PT Toyota-Astra Motor (PT TAM), adalah perusahaan distributor resmi untuk mobil
dan suku cadang Toyota di Indonesia. Tentunya PT TAM melihat peluang akan bisnis otomotif
tersebut dengan membuat produk pelumas mobil khusus untuk merk Toyota yaitu TMO atau
Toyota Motor Oil. Namun, sayangnya masyarakat masih sedikit yang mengetahui merk TMO
tersebut. Hal tersebut tercermin melalui kuesioner yang telah disebar oleh penulis ke 255
responden, dan hanya 30% yang mengetahui merk TMO.
Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner untuk memberikan gambaran kondisi
pasar terkait dengan TMO dan wawancara kepada berbagai fungsi di PT TAM. Selain itu, data
sekunder didapatkan dari data internal PT TAM, artikel, dan juga literatur yang terkait. Untuk
analisis Analisis internal pada penelitian ini berasal dari STP, marketing mix 7P’s, dan analisa
brand. Sedangkan untuk analisa eksternal pada penelitian ini berasal dari analisa pelanggan dan
kompetitor.
Hasil dari penelitian ini adalah perumusan STP untuk masing-masing lini produk oli mesin TMO
dan aktivitas marketing yang disusun menggunakan AIDA, yaitu aktif dalam kegiatan digital
marketing di bebagai media sosial, pembuatan website resmi TMO, berkolaborasi dengan
automotive influencer, membuat kompetisi TMO, memberikan ads gimmick, membuat WhatsApp
resmi TMO, memberikan kampanye promosi TMO di berbagail media sosial, dan membuat
aplikasi khusus TMO yang dapat mengakomodir informasi berupa lokasi pembelian produk baik
offline maupun e-commerce dan katalog produk yang diikuti dengan kemudahan transaksi
pembelian TMO dengan berbagai metode pembayaran