Berat baterai ion litium pada Tesla Model S mencapai 25% dari total berat
mobil dengan grafit sebagai anoda dengan kapasitas spesifik teoritis hanya 372
mAh/g sehingga dikembangkan baterai yang ringan dengan anoda kapasitas
spesifik tinggi untuk menghasilkan mobil dengan daya tempuh yang lebih jauh.
Baterai struktur function-integrated menggunakan elemen penyusunnya
untuk menyimpan energi listrik sekaligus menahan beban mekanik sehingga
dihasilkan baterai yang ringan. Serat karbon digunakan sebagai anoda karena
memiliki kekuatan spesifik, modulus spesifik, dan konduktivitas listrik yang tinggi
Silikon dengan kapasitas spesifik teoritis 3579 mAh/g dilapisi pada serat karbon
melalui proses Electrophoretic Deposition (EPD) untuk meningkatkan kapasitas
spesifik anoda baterai struktur. Karakterisasi SEM dan EDX membuktikan silikon
berhasil terdeposisi pada serat karbon. Pengujian galvanostatic charge-discharge
menghasilkan kapasitas spesifik 454,57 mAh/g dan retensi kapasitas 85% selama
50 siklus. Kekuatan spesifik sebesar 1,4337 MPa.m3/kg dan modulus spesifik
sebesar 0,066 GPa.m3/kg dihasilkan dari pengujian tarik anoda baterai struktur.
Anoda baterai struktur serat karbon-silikon menghasilkan kekuatan tarik
spesifik dan modulus tarik spesifik paling tinggi dibandingkan penelitian lainnya.
Tetapi, kapasitas spesifik yang dihasilkan masih dibawah anoda baterai struktur
serat karbon-metal organic framework dengan kapasitas spesifik 648 mAh/g.
Kata kunci: Baterai struktur, EPD, kapasitas spesifik, kekuatan spesifik, modulus
spesifik, serat karbon, silikon