digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK R Erlangga M W
PUBLIC Alice Diniarti

Berat baterai ion litium pada Tesla Model S mencapai 25% dari total berat mobil dengan grafit sebagai anoda dengan kapasitas spesifik teoritis hanya 372 mAh/g sehingga dikembangkan baterai yang ringan dengan anoda kapasitas spesifik tinggi untuk menghasilkan mobil dengan daya tempuh yang lebih jauh. Baterai struktur function-integrated menggunakan elemen penyusunnya untuk menyimpan energi listrik sekaligus menahan beban mekanik sehingga dihasilkan baterai yang ringan. Serat karbon digunakan sebagai anoda karena memiliki kekuatan spesifik, modulus spesifik, dan konduktivitas listrik yang tinggi Silikon dengan kapasitas spesifik teoritis 3579 mAh/g dilapisi pada serat karbon melalui proses Electrophoretic Deposition (EPD) untuk meningkatkan kapasitas spesifik anoda baterai struktur. Karakterisasi SEM dan EDX membuktikan silikon berhasil terdeposisi pada serat karbon. Pengujian galvanostatic charge-discharge menghasilkan kapasitas spesifik 454,57 mAh/g dan retensi kapasitas 85% selama 50 siklus. Kekuatan spesifik sebesar 1,4337 MPa.m3/kg dan modulus spesifik sebesar 0,066 GPa.m3/kg dihasilkan dari pengujian tarik anoda baterai struktur. Anoda baterai struktur serat karbon-silikon menghasilkan kekuatan tarik spesifik dan modulus tarik spesifik paling tinggi dibandingkan penelitian lainnya. Tetapi, kapasitas spesifik yang dihasilkan masih dibawah anoda baterai struktur serat karbon-metal organic framework dengan kapasitas spesifik 648 mAh/g. Kata kunci: Baterai struktur, EPD, kapasitas spesifik, kekuatan spesifik, modulus spesifik, serat karbon, silikon