Pencarian hotel sangat dipermudah oleh maraknya travel agent yang sudah ada di
Indonesia. Kemanapun dan dimanapun pengguna berasal, dapat memastikan jadwal
keberangkatan dengan cepat dan efisien. Akan tetapi hal tersebut akan tercapai
dengan cepat jika pengguna sudah mempunyai pengalaman menginap di hotel yang
diminati. Masalah terjadi jika referensi yang diminati tidak sesuai dengan harapan.
Oleh karena itu pengguna cenderung menghabiskan waktunya untuk mencari tahu
pengalaman pengguna lain yang sudah menginap dengan membaca review atau
komentar. Berdasarkan kebutuhan akan peminatan pesanan hotel yang begitu
banyak dan penilaian akan kualitas hotel belum maksimal dilakukan maka
menawarkan solusi pembuatan indikator penilaian berdasarkan ulasan yang
dikomentari oleh pengunjung. Dengan metode SentiStrength maka pembobotan
kata berdasarkan kata yang sering muncul. Maka dapat memberikan kategori
sentimen ulasan untuk mengetahui kondisi hotel berdasarkan ulasan yang
diberikan. Dan akan diberikan rekomendasi berdasarkan penilaian positif, negatif
serta netral dalam mengomentari kondisi hotel dengan bentuk ulasan setiap
pelanggan yang berkunjung. Hal yang sangat membantu pelanggan dalam
menentukan kondisi hotel berdasarkan penilaian sentimen yang baik.