digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Clickbait, yang merupakan teknik untuk membuat judul yang menarik, adalah cara untuk menghasilkan pendapatan dengan meningkatkan lalu lintas pembaca dan pengunjung. Faktor maraknya clickbait di media online adalah semakin ketatnya persaingan antar media untuk mendapatkan pembaca atau pengunjung dengan mengesampingkan kepuasan pengunjung situs yang menggunakan clickbait. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah classifier untuk mendeteksi berita yang bersifat clickbait atau bukan clickbait. Penelitian terbaru tentang clickbait menggunakan M-BERT dengan memfokuskan analisis berita pada headline berita. Namun clickbait lebih mudah diidentifikasi dengan menilai kesamaan makna antara headline dan konten berita. Penelitian ini mengusulkan Siamese Network dalam menentukan kesamaan antara judul dan ruang lingkup berita untuk menentukan apakah berita tersebut merupakan berita clickbait. Kombinasi Siamese Network dan ColBERT untuk menghasilkan kalimat embedding yang diberikan dan memiliki nilai kesamaan teks berkinerja lebih baik daripada sistem baseline.