Clickbait, yang merupakan teknik untuk membuat judul yang menarik, adalah cara
untuk menghasilkan pendapatan dengan meningkatkan lalu lintas pembaca dan
pengunjung. Faktor maraknya clickbait di media online adalah semakin ketatnya
persaingan antar media untuk mendapatkan pembaca atau pengunjung dengan
mengesampingkan kepuasan pengunjung situs yang menggunakan clickbait.
Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah classifier untuk mendeteksi
berita yang bersifat clickbait atau bukan clickbait. Penelitian terbaru tentang clickbait
menggunakan M-BERT dengan memfokuskan analisis berita pada headline berita.
Namun clickbait lebih mudah diidentifikasi dengan menilai kesamaan makna antara
headline dan konten berita. Penelitian ini mengusulkan Siamese Network dalam
menentukan kesamaan antara judul dan ruang lingkup berita untuk menentukan apakah
berita tersebut merupakan berita clickbait. Kombinasi Siamese Network dan ColBERT
untuk menghasilkan kalimat embedding yang diberikan dan memiliki nilai kesamaan
teks berkinerja lebih baik daripada sistem baseline.