digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sebuah UKM toko roti lokal di Bandung, Jawa Barat telah mengoptimalkan kehadiran media sosial untuk mempertahankan kinerja bisnisnya selama lebih dari 8 tahun. Namun, sejauh ini mereka tidak memiliki bukti nyata apakah penerapan pemasaran media sosial mereka sudah efektif dalam mempertahankan dan meningkatkan kinerja bisnis mereka terutama dalam mempengaruhi kesadaran merek dan niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pemasaran media sosial mereka sudah efektif dalam mempengaruhi niat beli konsumen. Jumlah responden yang mengisi survei sebanyak 223 responden. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil analisis menunjukkan bahwa elemen Hiburan dan Berita dari mulut ke mulut pada Pemasaran Media Sosial berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, elemen Kustomisasi dan Interaksi pada Pemasaran Media Sosial berpengaruh signifikan terhadap niat beli, dan hasil menunjukkan Kesadaran Merek berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi mengenai optimasi pemasaran media sosial yang dapat digunakan bagi toko roti untuk meningkatkan kinerja bisnisnya terutama dalam Kesadaram Merek dan Niat Beli.