digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pelayanan gigi telah menjadi peran terpenting dalam strategi pemasaran sebuah klinik. Keinginan masyarakat dalam merawat kesehatan gigi dan mulut di Kota Bandung masih tergolong rendah. Comfort Smile berencana membuka klinik gigi di Bandung, namun mereka tidak mengetahui tentang survei pasar mengenai kondisi pelanggan di Bandung. Comfort smile juga tidak mengetahui tipe pelanggan klinik gigi apa yang akan dipilih di Bandung dan atribut apa yang dapat mempengaruhi pelanggan untuk memilih klinik gigi di Bandung. Karena keinginan masyarakat dalam merawat kesehatan gigi dan mulut di kota bandung masih tergolong rendah dan jumlah dokter gigi akan menjadi masalah dalam hal persaingan praktek dokter gigi di bandung. Rendahnya keinginan masyarakat untuk mengunjungi klinik gigi dipicu oleh banyaknya klinik gigi yang tidak sesuai dengan atribut yang diinginkan pasien. Dengan tingginya persaingan klinik gigi di Bandung, untuk dapat bersaing dengan klinik gigi lainnya, penulis menyarankan untuk menerapkan strategi 7Ps. Bauran pemasaran adalah kumpulan instrumen pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk melaksanakan rencana pemasaran untuk mendapatkan reaksi yang menguntungkan dari pasar sasaran. Oleh karena itu, Comfort Smile diharapkan mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan yang ketat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apa harapan konsumen terhadap klinik gigi yang akan mereka kunjungi di Bandung serta penelitian ini bertujuan untuk memperjelas faktor-faktor penting yang dipertimbangkan konsumen dalam niat dan keputusan dalam memilih klinik gigi di Bandung. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan metode campuran dengan melakukan survei sebagai metode pengumpulan data kuantitatif dan wawancara sebagai metode pengumpulan data kualitatif. Responden sasaran akan ditujukan kepada masyarakat berusia 18-44 tahun yang berdomisili di Bandung. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, faktor yang paling dominan yang dapat mempengaruhi pelanggan untuk memiliki niat dan keputusan berkunjung ke klinik gigi adalah faktor people. Pelanggan memiliki niat dan keputusan untuk pergi ke klinik gigi di Bandung, terutama berdasarkan dokter, perawat, dan staf di klinik gigi tersebut. Penelitian ini juga memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan niat beli dan keputusan pembelian klinik gigi di Bandung.