Abstrak :
Pusat perbelanjaan sebagai sarana bisnis di kota-kota di Indonesia merupakan fenomena menarik dari gerak perkembangan kota metropolitan. Pusat perbelanjaan telah menjadi titik balik dari evolusi gaya hidup yang semakin global. Dari sistem transaksi pasar tradisional, telah berubah menjadi kegiatan multi dimensi dan aspirasi bagi para pembelanja. Perkembangan ini menjadikan IITC Kopo Mall sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbaik di Bandung.
Masalah yang dihadapai IITC Kopo Mall adalah tingginya biaya operasional yang dikeluarkan oleh pemilik properti yang tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima dari pembayaran biaya operasional oleh penyewa, yang mengakibatkan menurunnya tingkat huni penyewa dan rendahnya jumlah pengunjung dan daya beli konsumen. Kondisi ini selanjutnya akan mempengaruhi harga jual dan harga sewa properti, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dalam mengatasinya efisiensi dan efektifitas kegiatan operasionalnya.
Analisa untuk menentukan perbaikan strategi perusahaan dilakukan dengan menggunakan identifikasi lingkungan eksternal dan internal menggunakan data sekunder dan studi literatur. Penentuan sudut pandang persyaratan pasar atau market requirement yang utama dalam pelayanan pengelolaan yang tertuang dalam tujuan kinerja seperti kualitas, kecepatan, dependability, fleksibilitas dan biaya, kemudian disesuaikan dengan sudut pandang sumber daya operasi atau operations resources seperti kapasitas, supply network, proses teknologi serta pengembangan dan organisasi, dengan menggunakan matriks strategi operasi.
Dari hasil pengolahan data, diperoleh 6 strategi operasi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan layanan dan pendapatan IITC Kopo Mall.