Perubahan akibat pandemi Covid-19 telah terjadi di segala bidang, terutama di industri keuangan. Uang
tunai dapat terpapar virus Covid-19 karena melalui transaksi yang terjadi secara langsung dari satu orang
ke orang lain. Akibatnya, pengaruh pergeseran metode pembayaran digital yang memungkinkan orang
untuk menghubungkan rekening bank mereka ke dompet digital telah terjadi. Menurut Peraturan Bank
Indonesia, ada dua jenis uang elektronik, yaitu uang elektronik berbasis chip dan uang elektronik berbasis
server atau dompet digital. Topik utama pembahasan yang akan diangkat dalam penelitian ini lebih
kepada dompet digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penyebab niat
Generasi Z untuk menggunakan dompet digital dengan beberapa variabel: Kualitas aplikasi, persepsi
kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, sikap penggunaan, dan niat perilaku penggunaan dompet
digital (Kustono et al., 2020). pendekatan kuantitatif dilakukan untuk memvalidasi variabel dari penelitian
sebelumnya dan menjawab pertanyaan penelitian. Survei online dilakukan oleh 253 responden dari Jawa,
Indonesia dari generasi Z yang lahir pada tahun 1996-2005 yang telah menggunakan dompet digital untuk
pembayaran transaksi, dan PLS-SEM digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel. Enam
hipotesis diuji, dan variabel. Enam hipotesis diuji, dan enam hipotesis berhasil diterima. Kualitas Aplikasi
memiliki efek positif pada Perceived Usefulness saat menggunakan dompet digital. Persepsi kemudahan
penggunaan memiliki efek positif pada Persepsi kegunaan saat menggunakan dompet digital. Persepsi
kemudahan penggunaan memiliki efek positif pada Sikap penggunaan saat menggunakan dompet digital.
Persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap Sikap penggunaan saat menggunakan dompet digital.
Persepsi kegunaan memiliki efek positif pada Niat perilaku penggunaan saat menggunakan dompet
digital. Sikap penggunaan berpengaruh positif terhadap Niat perilaku penggunaan saat menggunakan
dompet digital. Studi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pemasar tentang bagaimana
perusahaan dompet digital dapat meningkatkan aplikasi mereka untuk mendapatkan minat dari generasi Z.
Kata kunci: Dompet digital; Kualitas aplikasi; Persepsi kemudahan penggunaan; Persepsi kegunaan;
Sikap penggunaan; Niat perilaku penggunaan dompet digital; Generasi Z; Indonesia