ABSTRAK Josephine Emmanuel
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 1 Josephine Emmanuel
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 2 Josephine Emmanuel
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 3 Josephine Emmanuel
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 4 Josephine Emmanuel
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
BAB 5 Josephine Emmanuel
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
PUSTAKA Josephine Emmanuel
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
LAMPIRAN
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» ITB
Emisi Gas Rumah Kaca buatan manusia telah meningkatkan laju pemanasan global
secara drastis dan memicu perubahan iklim pada berbagai belahan dunia. Indonesia
dengan bagiannya dalam Perjanjian Paris turut berkomitmen untuk menurunkan
emisi Gas Rumah Kaca, salah satunya melalui transformasi sektor energi dan
transportasi dengan perhatian khusus terhadap kawasan perkotaan yang
menghasilkan tiga perempat emisi CO2. Pemerintah menargetkan pengembangan
sistem transportasi kota yang efisien dalam mendorong penggunaan transportasi
publik, kendaraan listrik, serta dekarbonisasi listrik menggunakan energi
terbarukan. Strategi-strategi tersebut berdampak besar terhadap karakteristik
transportasi perkotaan Indonesia, namun saat ini kinerja simpul transportasi publik
terminal masih dinilai buruk dan belum ada pedoman lanjut yang mengatur
konstruksi dan adaptasi simpul transportasi kota di bawah skenario baru
pembangunan rendah karbon. Studi perancangan ini menggunakan metode
perancangan fragmental untuk meninjau prospek perancangan terminal bus sebagai
simpul strategis dalam jaringan transportasi publik yang terintegrasi dan rendah
karbon demi mewujudkan mobilitas yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan melalui
studi kasus Terminal Kalideres sebagai terminal tipe A yang berperan penting di
Jakarta yang memiliki persoalan perancangan. Studi menghasilkan prinsip normatif
perancangan terminal dalam rangka pembangunan rendah karbon, gambaran
potensi dan persoalan pada tapak studi kasus Terminal Kalideres, serta kebijakan
program dan konsep perancangan kawasan Terminal Kalideres sebagai simpul
transportasi publik yang berdaya dalam jaringan pergerakan wilayah yang
berkelanjutan.