digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dengan memaksimalkan utilitas dan mendapatkan keuntungan. Seiring berkembangnya zaman, teknologi memungkinkan kita untuk memenuhi kebutuhan tanpa berinteraksi secara langsung. Salah satunya adalah perdagangan elektronik. Transaksi perdagangan elektronik dapat dilakukan melalui situs web, sosial media, atau aplikasi jual beli berbasis teknologi informasi. Dalam tugas akhir ini, dilakukan observasi terhadap aplikasi perdagangan elektronik untuk membangun model matematika terhadap siklus transaksi antar pelaku, yaitu konsumen, penjual, dan perusahaan perdagangan elektronik. Komponen yang berperan penting dalam meninjau transaksi antar pelaku tersebut meliputi laju pendapatan dan porsi pengeluaran masing-masing pelaku. Dilakukan peninjauan terkait dengan dinamika melalui analisis kestabilan dan simulasi numerik sehingga dapat diketahui pengaruh atas parameter-parameter dan asumsi yang digunakan dalam model tersebut. Digunakan konsep dasar kasus pemangsa dan mangsa sebagai model dasar, yang penerapannya banyak dilakukan dalam bidang sosial, biologi, teknologi, dan ekonomi. Dalam hal ini, volume dana perusahaan perdagangan elektronik merupakan pemangsa. Volume dana konsumen dan volume dana penjual didefinisikan sebagai mangsa. Hasil simulasi numerik menunjukan bahwa nilai parameter yang digunakan memberikan pengaruh atas volume dana setiap pelaku sehingga bersifat fluktuatif.