digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peran perusahaan konsultan menjadi tak terelakkan karena kelangkaan tenaga ahli di sebagian besar perusahaan di Indonesia. Perusahaan konsultan teknik menyediakan studi, analisis, dan panduan perusahaan untuk membuat keputusan yang cepat dan benar tentang integritas aset mereka. Namun, persyaratannya bervariasi antar sektor, dan dengan demikian memberikan nilai tambah oleh perusahaan konsultan teknik tidaklah mudah. Ada juga tantangan bisnis di antara perusahaan konsultan teknik karena kebutuhan akan keterampilan baru, kekurangan bakat, dan perusahaan bisnis global untuk memperluas pasar di Indonesia. Itulah sebabnya inovasi dalam layanan telah menjadi topik penting di dunia yang kompetitif saat ini. Untuk memahami kondisi perusahaan, analisis internal dan eksternal dilakukan di level perusahaan sebagai upaya untuk memahami produk dasar dan portofolio serta peluang, ancaman, dan tantangan eksternal. Data untuk penelitian ini diambil dari wawancara tertulis dari manajer teknik/direktur beberapa pembangkit listrik, perusahaan petrokimia dan industri terkait lainnya. Hasil wawancara dikumpulkan dan dianalisis menggunakan perangkat lunak Nvivo untuk analisis data kualitatif. Temuan penelitian tentang inovasi model bisnis dibahas mengikuti kerangka Amit dan Zott yang terdiri dari konten, struktur dan tata kelola. Kegiatan baru setelah BMI adalah pengujian laboratorium, laporan digital dan kemajuan, dasbor dan manajemen integritas, pelatihan produk atau solusi, penyedia digital dan cloud, serta kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Kanvas proposisi nilai kemudian dibuat sebagai acuan untuk memetakan kanvas model bisnis perusahaan. Kami mengambil strategi inisiatif untuk mendukung inovasi model bisnis, yaitu strategi leverage, strategi generik Porter, dan strategi integrasi vertikal.