Peran perusahaan konsultan menjadi tak terelakkan karena kelangkaan tenaga ahli di
sebagian besar perusahaan di Indonesia. Perusahaan konsultan teknik menyediakan studi,
analisis, dan panduan perusahaan untuk membuat keputusan yang cepat dan benar tentang
integritas aset mereka. Namun, persyaratannya bervariasi antar sektor, dan dengan demikian
memberikan nilai tambah oleh perusahaan konsultan teknik tidaklah mudah. Ada juga
tantangan bisnis di antara perusahaan konsultan teknik karena kebutuhan akan keterampilan
baru, kekurangan bakat, dan perusahaan bisnis global untuk memperluas pasar di Indonesia.
Itulah sebabnya inovasi dalam layanan telah menjadi topik penting di dunia yang kompetitif
saat ini.
Untuk memahami kondisi perusahaan, analisis internal dan eksternal dilakukan di level
perusahaan sebagai upaya untuk memahami produk dasar dan portofolio serta peluang,
ancaman, dan tantangan eksternal. Data untuk penelitian ini diambil dari wawancara tertulis
dari manajer teknik/direktur beberapa pembangkit listrik, perusahaan petrokimia dan
industri terkait lainnya. Hasil wawancara dikumpulkan dan dianalisis menggunakan
perangkat lunak Nvivo untuk analisis data kualitatif.
Temuan penelitian tentang inovasi model bisnis dibahas mengikuti kerangka Amit dan Zott
yang terdiri dari konten, struktur dan tata kelola. Kegiatan baru setelah BMI adalah
pengujian laboratorium, laporan digital dan kemajuan, dasbor dan manajemen integritas,
pelatihan produk atau solusi, penyedia digital dan cloud, serta kecerdasan buatan dan
pembelajaran mesin. Kanvas proposisi nilai kemudian dibuat sebagai acuan untuk
memetakan kanvas model bisnis perusahaan. Kami mengambil strategi inisiatif untuk
mendukung inovasi model bisnis, yaitu strategi leverage, strategi generik Porter, dan strategi
integrasi vertikal.