digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Netflix adalah perusahaan berskala global yang bergerak di bidang media. Produk Netflix adalah layanan video on demand (VOD) berlangganan yang menawarkan ribuan film dan seri. Dalam memenetrasi pasar Indonesia, Netflix Indonesia menggunakan strategi pendekatan pemasaran media sosial atau social media marketing (SMM) yang berbeda dari kompetitornya, sayangnya strategi ini tidak menghasilkan pertumbuhan pengguna yang signifikan bagi Netflix. Penelitian ini ditujukan untuk meninjau bagaimana SMM dapat memengaruhi minat untuk berlangganan dari audience Netflix Indonesia di Instagram. Hasil dari penelitian ini akan digunakan untuk mengevaluasi dan membuat rekomendasi terhadap strategi SMM untuk meningkatkan minat berlangganan audience Netflix Indonesia di Instagram. Peneliti melakukan survey kuantitatif terhadap 209 orang yang pernah berinteraksi dengan Instagram Netflix Indonesia dalam 3 bulan periode pengumpulan data (Maret 2020 – Mei 2020). Selain itu, Instagram data analytics juga dilakukan untuk menilai performa keseluruhan dari Instagram Netflix Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan SMM berhubungan secara signifikan terhadap minat berlangganan. Selain itu, customer engagement dan perceived value menjadi mediator penuh dan parsial secara berturut-turut dalam proses SMM memengaruhi minat berlangganan. Dari temuan ini, Peneliti merekomendasikan layanan VOD berlangganan untuk membuat konten SMM yang sesuai dengan preferensi audience untuk menaikan engagement yang berujung pada peningkatan minat berlangganan. Implikasi akademis dan manajerial yang dihasilkan dari hasil penelitian empiris ini diharapkan dapat memperdalam pemahaman marketer mengenai manfaat SMM dalam meningkatkan minat berlangganan.