digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan drastis dari perindustrian permainan seluler tidak diimbangi dengan kemampuan dari para pengembang permainan seluler tersebut untuk meningkatkan loyalitas para pemainya dan niat beli dari pemainya. Memahami faktor-faktor influensial yang mempengaruhi loyalitas pemain dan membuat mereka melakukan pembelian secara berulang merupakan hal penting yang patut dipahami oleh pengembang permainan seluler agar dapat meningkatkan margin keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami nilai-nilai yang dirasakan pelanggan yang mempengaruhi loyalitas dan niat beli dalam aplikasi untuk pemain permainan seluler bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Data yang dikumpulkan untuk memenuhi tujuan penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelitian awal secara kualitatif dan mendistribusikan kuesioner online melalui berbagai macam aplikasi sosial media (dengan hasil 205 responden, dengan kebanyakan diantaranya merupakan laki-laki dan murid kuliah). Setelah itu, peneliti menganalisa yang melalui analisis PLS-SEM, dan hasil dari analisis menunjukan bahwa variabel Reward, Access Flexibility dan Playfulness berpengaruh secara signifikan terhadap variable Mobile Game Loyalty. Setelah itu, variabel Good Price dan Mobile Game Loyalty. Sebagai tambahan, rekomendasi praktikal berdasarkan faktor-faktor influensial yang telah ditemukan di penelitian ini telah dicantumkan juga, dan para praktisi di masa depan dapat meninjau untuk pertimbangan bagi riset atau strategi bisnis mereka.