digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sistem elevator pesawat terbang berfungsi untuk mengendalikan gerak rotasi pitch dan gerak translasi vertikal melalui defleksi bidang kendali. Salah satu mekanisme untuk melakukan defleksi elevator adalah sistem hidromekanik. Sistem hidromekanik menggabungkan tenaga hidrolik untuk menghasilkan gaya dan elemen mekanikal sebagai input dan mengubah gaya dari fluida menjadi gerakan bidang kendali. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat peraga praktikum sistem elevator pesawat terbang berbasis hidromekanik beserta skema praktikumnya. Alat peraga dan skema praktikum ini akan dipakai untuk kegiatan pembelajaran di Program Studi Sarjana Teknik Dirgantara Institut Teknologi Bandung. Proses penelitian dimulai dari menyusun persyaratan dan tujuan rancangan, dilanjutkan dengan merancang model dari alat praktikum, dan menyusun alur kerja praktikum sistem elevator pesawat terbang. Tujuan rancangan yang ditetapkan adalah alat praktikum mampu menunjukkan prinsip kerja sistem elevator pesawat terbang dan modus kerja hidrolik penuh, hidrolik parsial, dan modus manual. Persyaratan dari rancangan adalah tekanan kerja maksimum 3,5 MPa, sudut defleksi maksimum 45 derajat ke atas dan ke bawah, kecepatan rotasi maksimum 9 derajat per detik, dan dapat dikendalikan oleh gaya maksimum 111,21 Newton. Hasil dari proses perancangan adalah sebuah alat praktikum sistem elevator pesawat terbang berbasis hidromekanik yang memenuhi persyaratan dan tujuan rancangan. Dimensi rancangan adalah 2 x 1,5 x 2 meter. Rancangan yang telah dibuat merupakan penyederhanaan dari rancangan sistem elevator pesawat terbang yang asli. Kecepatan dan tekanan dari rancangan alat praktikum juga lebih rendah dari aslinya untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengguna alat praktikum. Selain rancangan, dibuat juga skema praktikum sistem elevator pesawat terbang berbasis hidromekanik.