digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nurtantyo Pratomo Suyadi
PUBLIC Taupik Abidin

Pada zaman ini, system komunikasi berbasis IP address mengalahkan layanan telepon dan SMS konvensional. Perusahaan provider seperti PT. Telkomsel sedang dalam masa yang cukup sulit karena aliran pendapatan mereka yang dahulu kuat dan konsisten sekarang mulai menghilang pelan – pelan. Maka dari itu, perusahaan provider perlu memaksimalkan aliran pendapatan mereka yang ada. Peneltian ini dilakukan untuk mengidentifikasi strategi marketing sosial media apa dan konten apa yang PT. Telkomsel bisa buat untuk meningkatkan performa bisnis mereka. Penelitian ini dibuat dengan pendekatan quantitatif dan metode deskriptif. Beberapa penemuan signifikan yang kami temukan adalah pada tahun 2018, mereka mengalami tahun dengan performa media sosial terburuk, sementara pada tahun 2019 adalah salah satu tahun dimana mereka mengalami performa media sosial terbaik, kami dapat melihat perubahan signifikan di strategi mereka. Kesimpulan yang dapat kami tarik dari penelitian ini adalah, PT. Telkomsel perlu berfokus kepada strategi sosial CRM karena strategi tersebut lah yang membuahkan hasil terbaik dan perusahaan in perlu mengadakan lebih banyak giveaway dan memproduksi lebih banyak User-Generated Content.