Pada zaman ini, system komunikasi berbasis IP address mengalahkan layanan telepon dan
SMS konvensional. Perusahaan provider seperti PT. Telkomsel sedang dalam masa yang cukup
sulit karena aliran pendapatan mereka yang dahulu kuat dan konsisten sekarang mulai menghilang
pelan – pelan. Maka dari itu, perusahaan provider perlu memaksimalkan aliran pendapatan
mereka yang ada. Peneltian ini dilakukan untuk mengidentifikasi strategi marketing sosial media
apa dan konten apa yang PT. Telkomsel bisa buat untuk meningkatkan performa bisnis mereka.
Penelitian ini dibuat dengan pendekatan quantitatif dan metode deskriptif. Beberapa penemuan
signifikan yang kami temukan adalah pada tahun 2018, mereka mengalami tahun dengan
performa media sosial terburuk, sementara pada tahun 2019 adalah salah satu tahun dimana
mereka mengalami performa media sosial terbaik, kami dapat melihat perubahan signifikan di
strategi mereka.
Kesimpulan yang dapat kami tarik dari penelitian ini adalah, PT. Telkomsel perlu berfokus kepada
strategi sosial CRM karena strategi tersebut lah yang membuahkan hasil terbaik dan perusahaan
in perlu mengadakan lebih banyak giveaway dan memproduksi lebih banyak User-Generated
Content.