digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Periklanan digital telah dilihat sebagai masa depan pemasaran. Iklan digital memiliki potensi untuk secara positif mempengaruhi merek seperti kesadaran publik terhadap merek dan penjualan. Bisnis telah mengalihkan fokus mereka ke periklanan digital dan media sosial menjadi media yang populer untuk menyampaikannya. Namun, melihat iklan bukanlah alasan utama konsumen menggunakan media sosial dan oleh karena itu menarik perhatian pasar selalu menjadi tantangan bagi pemasar. BRIX Performance adalah bisnis online baru di industri suku cadang otomotif yang didirikan pada Januari 2021. Bisnis ini memanfaatkan Instagram sebagai kehadiran online utama mereka dan untuk menjangkau target pasar mereka. Menyadari peluang untuk mengiklan di media sosial, BRIX perlu menyusun strategi untuk menciptakan iklan sebagai salah satu investasi pemasaran mereka. Oleh karena itu, penting bagi BRIX untuk benar-benar memahami bagaimana iklan mereka akan berperan dalam proses pembelian target pasar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati bagaimana para penggemar otomotif sebagai target pasar melalui proses pembelian mereka saat membeli suku cadang otomotif dan di mana iklan Instagram mempengaruhi proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode phenomenology dan menggunakan wawancara semi-structured untuk mengumpulkan data tentang pengalaman para informan. Data tersebut kemudian dianalisis melalui textural analysis dan structural analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan Instagram berperan penting dalam proses Problem Recognition dan Information Search dalam proses pembelian suku cadang otomotif. Hasilnya juga menemukan itu. Dengan hasil yang diperoleh, penelitian ini akan menjadi saran yang berguna bagi BRIX untuk membuat strategi periklanan yang lebih baik di masa depan.