Periklanan digital telah dilihat sebagai masa depan pemasaran. Iklan digital memiliki potensi
untuk secara positif mempengaruhi merek seperti kesadaran publik terhadap merek dan
penjualan. Bisnis telah mengalihkan fokus mereka ke periklanan digital dan media sosial
menjadi media yang populer untuk menyampaikannya. Namun, melihat iklan bukanlah
alasan utama konsumen menggunakan media sosial dan oleh karena itu menarik perhatian
pasar selalu menjadi tantangan bagi pemasar.
BRIX Performance adalah bisnis online baru di industri suku cadang otomotif yang didirikan
pada Januari 2021. Bisnis ini memanfaatkan Instagram sebagai kehadiran online utama
mereka dan untuk menjangkau target pasar mereka. Menyadari peluang untuk mengiklan di
media sosial, BRIX perlu menyusun strategi untuk menciptakan iklan sebagai salah satu
investasi pemasaran mereka. Oleh karena itu, penting bagi BRIX untuk benar-benar
memahami bagaimana iklan mereka akan berperan dalam proses pembelian target pasar
mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati bagaimana para penggemar otomotif
sebagai target pasar melalui proses pembelian mereka saat membeli suku cadang otomotif
dan di mana iklan Instagram mempengaruhi proses tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode phenomenology dan
menggunakan wawancara semi-structured untuk mengumpulkan data tentang pengalaman
para informan. Data tersebut kemudian dianalisis melalui textural analysis dan structural
analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan Instagram berperan penting dalam proses
Problem Recognition dan Information Search dalam proses pembelian suku cadang
otomotif. Hasilnya juga menemukan itu. Dengan hasil yang diperoleh, penelitian ini akan
menjadi saran yang berguna bagi BRIX untuk membuat strategi periklanan yang lebih baik
di masa depan.