digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Karena penggunaan Pembayaran Seluler meningkat dari beberapa tahun terakhir, masalah faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Pembayaran Seluler tidak boleh diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi penggunaan alat pembayaran mobile oleh pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner survei online dan didistribusikan di antara 414 responden yang dihormati. Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh lingkungan, rasa percaya dan keamanan yang dirasakan terhadap niat perilaku penggunaan mobile payment. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan unit analisis Generasi Z sedangkan populasi sasaran adalah responden dari kota Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian, dua dari faktor tersebut memiliki hubungan yang signifikan terhadap niat perilaku menggunakan alat pembayaran mobile. Selain itu, faktor yang paling berpengaruh dari yang tertinggi hingga terendah adalah keamanan yang dirasakan dan pengaruh lingkungan. Kesimpulannya variabel keamanan yang dirasakan merupakan variabel yang paling berpengaruh