Munculnya bisnis platform pendidikan investasi seiring dengan tren investasi di lingkungan
generasi Z dan Milenial memunculkan persaingan antara bisnis platform pendidikan yang
tinggi. Tantangan terbesar bagi layanan berbasis teknologi internet adalah memberikan dan
menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang. E-Service Quality secara
bertahap diakui sebagai faktor penting yang digunakan untuk mendapatkan keunggulan
kompetitif dan retensi pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini menyelidiki faktor-faktor
E-Service Quality yang mempengaruhi keputusan pelanggan untuk menggunakan platform
pendidikan dan melihat apakah kebutuhan dan harapan pelanggan terpenuhi atau tidak ketika
mereka menggunakan platform. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik
judgment sampling untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner survei online dengan
262 responden. Penelitian ini menyasar responden generasi Z dan milenial dari salah satu
platform pendidikan online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least
Square - Structural Equation Modeling Untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan Variabel E-Service Quality yang
terdiri dari Efficiency, Fulfillment dan Privacy terhadap Customer Satisfaction; dan juga
Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty. Oleh karena itu, platform pendidikan
online dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk menjadi pertimbangan dalam
mengembangkan prioritas dalam meningkatkan E-Service Quality untuk meningkatkan
tingkat kepuasan pelanggan yang mengarah ke pelanggan yang lebih loyal.