digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: Kekokohan dari sistem kontrol terhadap gangguan telah menjadi isu sentral dalam perancangan sistem kontrol pada dekade ini. Salah satu jenis kontrol yang kokoh terhadap ganggguan adalah kontrol H2. Tugas akhir ini membahas teori kontrol H2 dan diaplikasikan ke dua buah masalah sistem suspensi berupa sistem massa pegas dengan 2 buah massa, pegas dan damper dan hybrid vibration absorber system. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah mereduksi vibrasi yang terjadi pada sistem tersebut. Pertama akan diturunkan model matematika dari sistem tersebut, kemudian akan diturunkan persamaan ruang keadaannya. Plant diperumum diperoleh dengan menggabungkan plant dengan fungsi-fungsi bobotnya. Selanjutnya suatu pengontrol optimal dan tunggal dirancang dengan menggunakan teori kontrol H2. Dari hasil simulasi diperoleh bahwa kontrol H2 efektif untuk mereduksi vibasi pada sistem suspensi