Subscription video on demand (SVOD) tampaknya semakin populer sebagai pilihan akses
hiburan oleh konsumen dalam bentuk video seperti film dan serial termasuk di Indonesia. SVOD
dapat diakses melalui internet tanpa perlu satelit dan kabel serta dapat diakses oleh berbagai
perangkat elektronik yang terkoneksi dengan internet seperti smartphone, pc, dll.
Namun dengan semakin maraknya popularitas SVOD, persaingan di industri menjadi semakin
sengit dengan mulai bermunculannya banyak penyedia SVOD baru dan banyak diantaranya
bahkan didukung oleh perusahaan raksasa seperti Apple tv, Disney +, HBO Max, dll dengan
semakin ketatnya persaingan tersebut. Mempertahankan loyalitas pelanggan juga menjadi sulit
karena perusahaan berusaha mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin di pasar. Oleh karena itu
diperlukan strategi untuk menjaga loyalitas pelanggan karena penting untuk kelangsungan dan
pertumbuhan bisnis.
Penulis memilih untuk melakukan penelitian tentang bagaimana kualitas layanan elektronik
dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan SVOD di Indonesia karena SVOD merupakan layanan
yang disediakan di internet dan dapat diakses baik melalui web maupun aplikasi sehingga
kualitas layanan elektronik menjadi faktor penting untuk menilai layanan yang mereka berikan.
SVOD yang menjadi objek penelitian ini adalah Netflix karena sudah lama hadir di Indonesia
dan memiliki pelanggan yang cukup banyak.
Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada konsumen Netflix di Jakarta dan
Bandung dan penulis berhasil mengumpulkan 110 data dan menganalisisnya dengan metode
SEM-PLS menggunakan software SmartPLS. Penulis menemukan bahwa dimensi kualitas
layanan elektronik yaitu: Portofolio produk, Kualitas informasi, daya tarik visual dan
kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan
pelanggan Netflix di Indonesia.