SK Final Project Rafi Abiawan 19217072 - Rafi Abiawan.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Taupik Abidin
Tren pakaian bekas untuk pria berkembang pesat di banyak negara, salah satunya di Indonesia. Tren ini sedang naik daun di Indonesia, dilihat dari banyaknya penjual, forum, dan acara tentang pakaian bekas di Indonesia. Pasjoom, sebagai salah satu bisnis yang bergerak di industri pakaian bekas pria ini hadir untuk membuat wadah dengan memadukan konsep online marketplace dan produk pakaian bekas pria. Pasjoom adalah platform yang ditujukan untuk membeli dan menjual pakaian pria bekas yang telah dikurasi. Ide ini muncul karena adanya peluang disaat berkembang pesatnya belanja barang bekas secara daring di Indonesia. Pasjoom merupakan marketplace berbasis website, sekarang Pasjoom masih dalam tahap pengembangan maka perlu banyak pengembangan pada website yang harus dilakukan. Pasjoom membutuhkan beberapa pengembangan pada konten dan fitur untuk membuat website menjadi lebih baik. Studi ini membantu Pasjoom menemukan solusi terbaik untuk mengetahui jenis konten dan kategori apa yang paling diminati berdasarkan pasar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan cara mewawancarai pembeli dan penjual produk pakaian bekas pria. Sedangkan pendekatan kuantitatif itu sendiri menggunakan survei terhadap 216 calon konsumen Pasjoom. Berdasarkan hasil penelitian, solusi Pasjoom adalah dengan membuat konten tentang inspirasi berpakaian dan edukasi pakaian vintage dan kategori kaos, jaket, dan sepatu. Seluruh penelitian ini akan digunakan dalam rangka membantu pengembangan website Pasjoom.