digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2003_TS_PP_SISWANTO_1.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

Abstrak: Penyedia layanan telekomunikasi dihadapkan pada tantangan bagaimana untuk menurunkan biaya operasi, meningkatkan keuntungan serta menarik dan mempertahankan pelanggan. Tantangan tersebut dapat dipenuhi dengan mengefisienkan pengelolaan jaringan dan proses, memunculkan layanan baru dengan cepat dan memberikan kualitas layanan yang tinggi secara konsisten. Salah satu solusi untuk membantu penyelenggara layanan untuk menurunkan biaya operasi dan meningkatkan kepuasan pelanggan adalah Sistem Manajemen Layanan ( SML ). Namun saat ini International Telecommunication Union ( ITU ) belum mendefinisikan SML secara lengkap. Untuk itu penyedia layanan telekomunikasi perlu membuat spesifikasi SML yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, mengevaluasi ketersediaan teknologi oleh penyedia solusi dan menentukan strategi implementasi. Dalam tesis ini dilakukan perencanaan SML untuk menghasilkan desain dan spesifikasi SML, pengevaluasian ketersediaan teknologi, dan penentuan strategi implementasi SML. Evaluasi ketersediaan teknologi dilakukan dengan membandingkan solusi dari beberapa vendor. Penentuan strategi implementasi dilakukan dengan memberikan penilaian pada faktor - faktor yang mempengaruhi keputusan dalam akuisisi teknologi. Tesis ini menghasilkan rekomendasi bahwa teknologi SML diperlukan oleh perusahaan dan metode outsource merupakan strategi implementasi yang paling sesuai bagi kondisi perusahaan saat ini.