Perkembangan internet telah mempengaruhi berbagai macam aspek kehidupan, khususnya dalam aspek
teknologi dan informasi, ekonomi, bisnis, dan kebudayaan sosial . Surat elektronik, yang juga dikenal
sebagai surel, telah menjadi salah satu standar dalam berkomunikasi menggunakan internet.
Transformasi digital yang mengintegrasikan teknologi ke dalam setiap aspek dalam bisnis
meningkatkan pentingnya surel. Peningkatan ini juga membawa tantangan dan masalah yang harus
diselesaikan. Lebih dari 90% pengguna internet menggunakan platform surel asing. Hal ini
menyebabkan Indonesia tidak memiliki perlindungan dan kedaulatan data surel populasi. Ada juga
banyak hoaks dan penipuan yang beredar melalui internet. Surel dan media sosial adalah media utama
penyebarannya. Salah satu alasan terjadinya disinformasi adalah karena pelaku hoaks dan penipuan
tersebut sembunyi dibalik anonimitas di internet. PT Microvac Indonesia mencoba mengembangkan
produk dan layanan baru terkait surat elektronik yang menghubungkan alamat surel dengan identitas
warga negara, yang disebut mail.id. Tesis ini berusaha menjawab tiga pertanyaan sehubungan dengan
pengembangan mail.id, yaitu apa perbedaan dan penciptaan nilai dari mail.id, seberapa besar pasar
potensial dan kemenarikan mail.id, dan aspek teknis yang diperlukan untuk pengembangan mail.id.
Tesis ini menggunakan metode riset kualitatif yang menggunakan wawancara sebagai metode
pengumpulan data utama dari empat grup narasumber dan mengumpulkan data dari jurnal, buku,
artikel, situs web, dan sumber lainnya sebagai data sekunder. Empat grup narasumber yang
diwawancarai adalah perwakilan dari pemerintah, korporasi dan pebisnis, ahli teknologi informasi, dan
umum. Setelah pengumpulan data, analisis lingkungan berupa analisis PESTLE , SWOT, dan Porter’s
Five Forces dilakukan untuk menganalisis situasi eksternal.
Menggunakan data dari sumber primer dan sekunder, dan analisis bisnis, yang terdiri dari analisis
proposisi nilai, pasar, teknis, dan analisis model bisnis telah dilakukan. Analisis-analisis ini membentuk
sebuah solusi bisnis untuk pengembangan mail.id.
Hasil analisis-analisis tersebut berada pada tahap problem-solution fit dan disusun menjadi sebuah
rencana implementasi yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pengembangan produk dan servis mail.id,
fase validasi ke pasar, dan yang terakhir adalah fase pembelajaran dari validasi produk dan layanan
mail.id.