digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Junevent Valentin
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Lanskap bisnis dari pasar saklar lampu telah berkembang sangat besar dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa tren utama mempengaruhi bisnis tersebut. Meningkatnya kelas menengah dan keluarga muda, naiknya permintaan akan tempat tinggal, serta pekerjaan renovasi dan perbaikan rumah yang terus ada tiap tahunnya, telah berkontribusi terhadap berkembangnya bisnis dari pasar saklar lampu. Beberapa pemain memasuki pasar Indonesia dengan daya saing harga yang lebih baik sehingga membuat mereka dominan di pasar. Dampaknya ekstrim terhadap Schneider Electric Indonesia (SEI), sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). Di segmen menengah-bawah (medium), penjualan bertumbuh dengan pesat tetapi SEI bukanlah pemimpin pasar karena kompetitor lain menawarkan harga yang lebih kompetitif. Di segmen menengah-atas (optimum), bisnis mengalami penurunan karena kurang fokus dan produk tidak mempunyai diferensiasi. Tugas akhir ini berfokus pada tiga objektif. Pertama, untuk menentukan di channel mana bisnis saklar lampu optimum SEI mengalami penurunan. Kedua, untuk menentukan penyebab utama penurunan bisnis saklar lampur optimum SEI. Ketiga, untuk merancang strategi pemasaran yang efektif. Dari sudut pandang internal dan eksternal, penulis telah menyampaikan walaupun pasar saklar lampu terus berkembang namun persaingan pasar saklar lampu optimum sangat ketat. Banyak pabrikan menjual produk yang sama dengan sedikit perbedaan pada fungsi dan kualitas. Hal ini menyebabkan produk saklar lampu optimum SEI menjadi tidak kompetitif dan perang harga tidak terhindarkan. Oleh karena itu, strategi pemasaran kompetitif perlu diformulasikan dan diimplementasikan. Perancangan strategi pemasaran kompetitif yang menjadi objektif utama dalam tugas akhir ini akan membangun keunggulan kompetitif. Penulis merekomendasikan SEI untuk mengubah strategi pemasarannya dari penetrasi pasar (menjual produk yang ada di market saat ini) menjadi diversifikasi (menjual produk baru di market baru). Dari menjual saklar lampu optimum standar dengan fungsi dan kualitas yang sama pada kanal distribusi tradisional menjadi menjual saklar lampu optimum yang bisa dipersonalisasi pada kanal perdagangan elektronik (online commerce) menggunakan optimisasi kampanye pemasaran digital. Targetnya adalah pembeli yang tidak hanya mementingkan kualitas dan fungsi tetapi juga aspek estetika. Hal ini akan membantu bisnis saklar lampu optimum SEI mendapatkan sumber pendapatan baru dengan profitabilitas yang lebih baik dan mengakuisisi pembeli baru pada kanal digital. Bisnis saklar lampu optimum SEI harus mendesain ulang segmentasi, penargetan, dan positioning serta bauran pemasaran 7P. Supaya dapat bertumbuh, bisnis saklar lampu optimum SEI harus menargetkan pelanggan kelas menengah yang membutuhkan produk saklar lampu dengan fungsi dan kualitas terbaik serta dapat meningkatkan nilai estetika pada interior tempat tinggal.