digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak :Perkembangan teknologi dalam bidang telekomunikasi dan informasi akhirnya mampu melahirkan teknologi VoIP (voice over internet protocol). Teknologi ini memberi manfaat meningkatkan efisiensi penggunaan sarana telekomunikasi. Peningkatan efisiensi penggunaan sarana telekomunikasi ini selanjutnya membuat konsumen dapat menggunakan jasa telekomunikasi dengan. biaya relatif lebih murah meskipun dengan kualitas yang masih berada di bawah telepon tradisional, PSTN (public switch telephone network). Sebagai suatu alternatif baru bertelekomunikasi yang memberi peluang bisnis baru, maka adanya teknologi VoIP ini menarik minat para pengusaha dengan akibat munculnya perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa telekomunikasi VoIP. PT. TELKOM sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi incumbent juga melihat. hal ini sebagai peluang bisnis untuk dapat mewujudkan visi-nya "to become a leading InfoCom Company in the region" dan melengkapi sasaran bisnisnya sebagai perusahaan full service and network provider. Pengalaman luas yang dimiliki PT. TELKOM diharapkan dapat membuat PT. TELKOM menjadi pemimpin pasar dalam jasa telekomunikasi VoIP melalui divisi PROBIS VoIP. Untuk itu Probis VoIP PT. TELKOM perlu kajian tentang strategi bisnis jasa telekomunikasi VoIP guna mencapai keunggulan bersaing dan mempertahankan eksistensi perusahaan masa kini dan masa yang akan datang. Usulan strategi bisnis bagi PROBIS VoIP dilakukan berdasarkan analisis SWOT strategi generik dari Mc. Kinsey bertujuan agar PROBIS VoIP dapat bertumbuh secara berkesinambungan dan mempunyai keunggulan bersaing.