digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2002 Eddy Setiawan Wibowo
PUBLIC Alice Diniarti

Abstrak Bentuk dan kedalaman sebuah benda 3 dimensi yang ditampilkan di layar komputer dapat dipahami secara lebih mudah bila benda tersebut dapat diposisikan dan diorientasikan secara interaktif .Tesis ini mengetengahkan pengembangan sebuah kakas perangkat lunak untuk menampilkan bentuk geometri 3-D sederhana dengan paradigma pemrograman berorientasi objek menggunakan bahasa C++. Kakas yang dinamai Visualization Toolkit (VT) ini kemudian digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang dinannai Visualization Toolkit Demonstrator (VT Demo) yang dapat digunakan untuk membangun sebuah model 3-D, memvisualisasikannya pada sebuah PC, mengolah dan mengaturnya. Perancangannya menggunakan notasi UML dan metode Coad-Yourdon. VT Demo dikembangkan dengan Borland C++ Builder 5.0, pada Microsoft Windows 98. Application Programming Interface (API) / antarmuka pemrograman aplikasi yang digunakan untuk primitif operasi penggambaran adalah OpenGL.