digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Vita Amalia Sipayung
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Vita Amalia Sipayung
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 8 Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Vita Amalia Sipayung
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Gedung 8 Park Cibadak merupakan sebuah bangunan multifungsi yang digunakan sebagai pemukiman bagi masyarakat Bandung dengan konsep pemukiman vertikal serta pusat perbelanjaan yang menjadi pusat hiburan yang mampu menarik minat wisatawan. Pada perancangan gedung 8 Park Cibadak dibutuhkan fasilitas transportasi yang tepat agar terciptanya infrastruktur yang optimal. Diawali dengan menghitung bangkitan dan tarikan yang dihasilkan gedung 8 Park Cibadak yang akan digunakan untuk menganalisis dampak lalu lintas dan perencanaan fasilitas transportasi termasuk desain parkir dan perkerasan jalan akses. Analisis dilakukan dengan menggunakan MKJI 1997 dan pemodelan mikrosimulasi pergerakan kendaraan di sekitar kawasan Cibadak dengan menggunakan software PTV VISSIM. Parameter yang dievaluasi adalah lama tundaan, panjang antrian dan level of service simpang. Desain parkir gedung akan didesain berdasarkan Pedoman Teknis Fasilitas Parkir. Area parkir dapat di akses melalui jalan akses yang akan didesain menuju pintu masuk gedung 8 Park Cibadak, sehingga harus dilakukan desain perkerasan jalan akses di dalam wilayah kawasan gedung 8 Park Cibadak. Perkerasan jalan didesain dengan menggunakan standar MDPJ 2017. Hasil dari Tugas Akhir ini berupa rekomendasi manajemen lalu lintas yang akan menghasilkan arus stabil setelah gedung 8 Park Cibadak beroperasi, desain parkir yang telah memenuhi kebutuhan dan antrian serta perkerasan jalan akses menuju 8 Park Cibadak.