ABSTRAK Dhanika
PUBLIC Alice Diniarti COVER Dhanika
PUBLIC Alice Diniarti
BAB 1 Dhanika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Dhanika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Dhanika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Dhanika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Dhanika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Dhanika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Analisis dan desain airfoil adalah salah satu bagian terpenting dalam proses
desain produk dirgantara. Untuk mampu menganalisis aliran di sekitar airfoil,
dikembangkan metode komputasional yang cukup sederhana yaitu, metode
Viscous-Inviscid Interaction.
Metode VII adalah metode yang membagi domain
uida menjadi dua, yaitu
domain viscous dan domain inviscid. Solusi pada domain viscous di sekitar
permukaan airfoil dihitung menggunakan persamaan integral boundary-layer.
Sedangkan solusi pada domain inviscid di luar domain viscous dihitung meng-
gunakan persamaan Laplace.
Pada riset yang dilakukan penulis, digunakan metode Conformal Mapping un-
tuk menyelesaikan solusi aliran inviscid di sekitar airfoil, seperti yang dikem-
bangkan oleh Dr. Ir. Djoko Sardjadi sebelumnya pada 1996. Sedangkan
metode yang digunakan untuk menyelesaikan sistem persamaan diferensial bo-
undary layer adalah Discontinuous Galerkin yang baik untuk menyelesaikan
persamaan diferensial hiperbolik.
Menggunakan studi beberapa metode dan model persamaan diferensial untuk
menyelesaikan permasalahan boundary layer memberikan hasil yang cukup ba-
ik pada daerah laminar dan memberikan tren yang cukup baik pada daerah
turbulen. Penggunaan metode koreksi displacement thickness di sekitar trai-
ling edge juga telah memberikan hasil koesien aerodinamika yang mendekati
hasil eksperimen.