digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era disruptif ini, persaingan di pasar pelumas sangat ketat. Perusahaan pelumas harus siap menghadapi perubahan dan bersaing melakukan ekspansi ke negara lain sebagai upaya mempertahankan perusahaan di pasar persaingan ini. Sebagian besar perusahaan pelumas internasional telah memilih Thailand sebagai fokus pasar untuk menjual produk pelumas. Sejak 2015, PT XYZ melakukan ekspansi market ke Thailand namun volume penjualan produk “F” products yang didapatkan belum mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis: (1) kendala yang dihadapi PT XYZ dalam meningkatkan volume penjualan produk “F” products di Thailand; (2) strategi pemasaran yang dapat membuat orang Thailand tertarik dalam memperkenalkan produk “F” products; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara mendalam. Informasi kunci penelitian ini adalah dua orang pejabat dari dalam perusahaan dan beberapa orang Thailand sebagai konsumen yang berpotensial dari luar perusahaan. Dalam penelitian ini, analisis internal yang digunakan terdiri dari Value Chain Analysis, STP (Segmenting, Targeting, Positioning), dan Marketing Mix (4Ps). Sedangkan, analisis eksternal yang digunakan terdiri dari analisis PESTEL, lingkungan industri, analisis pesaing, dan analisis potensi pasar. Selanjutnya, penelitian ini juga dianalisis lebih mendalam melalui analisis SWOT dan analisis akar penyebab. Hasil penelitian ditemukan sebagai berikut: (1) PT XYZ masih memiliki channel yang belum begitu banyak untuk menjual produk “F” products dikarenakan produk ini tidak terlalu dikenal di Thailand; (2) Mengadakan Loyalty Program untuk para retails dengan menawarkan bonus atau rewards yang bisa didapatkan jika mereka menjual produk “F” products dan melakukan berbagai pemasaran komunikasi dengan pendekatan yang disukai oleh orang Thailand, sebagai contoh melalui pendekatan komedi. Solusi bisnis yang diusulkan telah dijabarkan melalui Bauran Pemasaran (4Ps), Kesadaran Merek, Komunikasi Pemasaran Terpadu, dan TOWS matrix analysis sesuai dengan kondisi perusahaan dan market di Thailand. Selanjutnya, strategi pemasaran yang baru disusun ke dalam jadwal rencana implementasi yang dibuat selama setahun ke depan dengan memperhitungkan perkiraan biaya yang dibutuhkan oleh PT XYZ.