digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2000 AKRAM
PUBLIC Open In Flip Book rikrik

Abstrak :Dalam menghadapi perdagangan bebas dan era globalisasi yang sudah di 'depan mata' ini, perusahaan dituntut untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam sistem manajemennya agar dapat bersaing. Perusahaan juga diharapkan dapat menggunakan srrategi yang dapat memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimilikinya secara optimal. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan sehari-hari perusahaan dengan mengacu pada nilai-nilai dan keyakinan yang dikenal dengan Budaya Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan Budaya Perusahaan pada Sub Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) PT. Pos Indonesia (Persero) serta pengaruhnya terhadap keefektifan organisasi. Budaya suatu perusahaan dalam hal ini ditinjau dari konsep involvement, consistency, adaptability, dan mission. Sedangkan keefektifan organisasi dalam hal ini mengacu pada organizational climate, job design, leadership, work group, dan behavioral outcome. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda verifikatif. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder, yang dikumpulkan dari wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Hipotesa dari penelitian ini adalah semakin kuat budaya yang dimiliki perusahaan, semakin tinggi pula keefektifan organisasinya. Penelitian ini menggunakan pengujian statistik non-parametrik dengan menggunakan korelasi Rank Spearman, dengan menyebarkan 42 buah kuesioner pada seluruh bagian yang ada di Sub birektorat Pengembangan Sumber baya Manusia PT. Pos Indonesia (Romero). Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa kekuatan Budaya Perusahaan memiliki hubungan yang searah atau positif dengan keefektifan organisasi. Konsep Budaya Perusahaan dengan hasil tertinggi terdapat pada konsep mission. Hal ini berarti perusahaan telah menerapkan kebijakan yang tepat untuk mencapai tujuannya. Ketepatan dalam penerapan kebijakan tersebut juga sangat mempengaruhi keefektifan organisasi. Budaya Perusahaan yang kuat yang merupakan pemahaman dan kerangka berpikir yang soma akan nilai-nilai don keyakinan yang dianut perusahaan, merupakan modal dasar yang berperan penting don menunjang keberhasilan organisasi. Oleh sebab itu kekuatan Budaya Perusahaan harus dipertahankan dan terus ditingkatkan.