digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Employer Branding merupakan representasi nilai dari perusahaan sebagai alat untuk menarik ketertarikan calon karyawan untuk bekerja. Disaat waktu yang bersamaan perusahan saling berlomba untuk mendapatkan calon karyawan terbaik, terutama perusahaan startup. Sekarang ini Generasi Z memasuki angkatan kerja yang baru dan memiliki karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya dan mayoritas merupakan mahasiswa tingkat akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu Employer Branding bagi mahasiswa tingkat akhir untuk menaikan ketertarikan mereka untuk bekerja di perusahaan startup. Dengan lingkup penelitian di ITB dan UI, Indonesia pada kelompok Bisnis Ekonomi dan Teknik. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dari hasil questionnaire yang dilakukan secara daring dengan 273 responden dan dari penelitian sebelumnya. Metode PCA (Principal Component Analysis) digunakan untuk mengolah data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan Employer Branding untuk setiap universitas dan kelompok berbeda berbeda. Transparansi, Tunjangan dan Pekerjaan yang menarik merupakan faktor yang paling banyak disebut dan sesuai dengan karakteristik Generasi Z. Untuk faktor Digital Savvy tidak ada dalam Employer Branding dan bertolak belakang dengan karakteristik Generasi Z, hal ini disebabkan teknologi dianggap sesuatu yang seharusnya sudah perusahaan miliki.