Employer Branding merupakan representasi nilai dari perusahaan sebagai alat untuk menarik
ketertarikan calon karyawan untuk bekerja. Disaat waktu yang bersamaan perusahan saling
berlomba untuk mendapatkan calon karyawan terbaik, terutama perusahaan startup. Sekarang ini
Generasi Z memasuki angkatan kerja yang baru dan memiliki karakteristik yang berbeda dari
generasi sebelumnya dan mayoritas merupakan mahasiswa tingkat akhir. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mencari tahu Employer Branding bagi mahasiswa tingkat akhir untuk menaikan
ketertarikan mereka untuk bekerja di perusahaan startup. Dengan lingkup penelitian di ITB dan
UI, Indonesia pada kelompok Bisnis Ekonomi dan Teknik. Penelitian ini menggunakan data
primer dan sekunder dari hasil questionnaire yang dilakukan secara daring dengan 273 responden
dan dari penelitian sebelumnya. Metode PCA (Principal Component Analysis) digunakan untuk
mengolah data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan Employer Branding untuk setiap
universitas dan kelompok berbeda berbeda. Transparansi, Tunjangan dan Pekerjaan yang
menarik merupakan faktor yang paling banyak disebut dan sesuai dengan karakteristik Generasi
Z. Untuk faktor Digital Savvy tidak ada dalam Employer Branding dan bertolak belakang dengan
karakteristik Generasi Z, hal ini disebabkan teknologi dianggap sesuatu yang seharusnya sudah
perusahaan miliki.