digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : Sebuah perusahaan musik saat ini dituntut untuk dapat bersaing dalam mengelola perusahaannya. Tujuan utama dari Sekolah musik adalah peningkatan jumlah siswa, artinya sekolah musik ini harus memikirkan bagaimana cara promosi untuk meningkatkan jumlah siswa. Dalam memilih calon konsumen maka dipilihlah cara peningkatan siswa dengan memfokuskan pada teori segmentasi. Teori segmentasi merupakan dasar untuk pembuatan pedoman wawancara untuk mengumpulkan data. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor yang mempengaruhi seseorang untuk belajar musik di Sekolah Musik Leo, Mencari profit siswa berdasarkan jenis kelamin yang dikaitkan dengan jenis musik, dan strategi peningkatan jumlah siswa. Perencanaan penelitian diawali dengan mencari metode penelitian, data-data yang dibutuhkan dalam penelitian dan diakhiri dengan metode pengumpulan data. Metode penelitian yang dipilih adalah penelitian survai sampel dengan metode pengumpulan data wawancara. Setelah memilih metode penelitian ataupun data-data apa saja yang digunakan dalam penelitian dan data-data yang dibutuhkan telah terkumpul, maka data tersebut diolah dengan menggunakan diagram histogram. Metode analisa data yang dipilih adalah metode analisis data penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode tersebut data dari diagram histogram dianalisis. Pada akhir bagian yaitu bagian kesimpulan dan saran diperlihatkan berbagai hipotesis yang merangkum jawaban dad tujuan penelitian serta kesimpulan dari hasil analisis data juga terdapat berbagai saran untuk melaksanakan promosi agar jelas dapat diketahui bagaimana cara promosi untuk peningkatan jumlah siswa di Sekolah Musik Leo.