digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1999_TS_PP_DANUS_1.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

Abstrak: Lalu-lintas kereta-api merupakan suatu rangkaian kereta-api yang berurutan berjalan pada suatu jaringan kereta-api, melintasi stasiunstasiun yang berurutan, setiap kereta-api harus berhenti untuk menaik dan menurunkan penumpang pada stasiun tersebut. Lalulintas kereta-api dikenal bersifat tidak stabil, ini berarti bahwa penyimpangan waktu terhadap jadwal nominal dari suatu keretaapi, yang menyebabkan keterlambatan makin besar. Dari hal tersebut diatas diperlukan Pengendalian trafik agar dapat dihindari ketidak-stabilan dan gangguan operasi kereta-api. Dinamika sistem didefinisikan dengan variabel-keadaan, diberikan kendali umpan-balik tinier dengan Indek Kinerja Kuadratis minimum untuk menstabilkan sistem. Metode yang digunakan dengan model pendekatan discrete event yang memperhitungkan kejadian-kejadian yang diskrit yang terjadi di jaringan jalan kereta-api kereta-api yaitu timed disceret event, karena event-eventnya bergantung pada waktu. Pemodelan ini merupakan Model yang Deterministik. Selain itu disimulasikan untuk mendemonstrasikan kekokohan algoritma kendali trafik terhadap gangguan. Hasil dari simulasi terbukti bahwa dengan memberi kontrol-u, hasil Indek Kinerja menjadi terkendali.