Pengurangan koefisien tahanan (CD) adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja kereta. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan permodelan dan simulasi perilaku aerodinamika pada kereta Sulawesi PT INKA. Kereta Sulawesi PT INKA termasuk jenis kereta medium speed dengan kecepatan maksimum 160 km/jam. Karakteristik aerodinamika pada kereta dapat dikendalikan dengan memperhatikan panjang hidung dan lebar kap depan kereta.
Perhitungan komputasi dinamika fluida pada model kereta Sulawesi PT INKA dilakukan untuk menyimulasikan dan mengestimasikan CD menggunakan ANSYS Fluent. Kecepatan kereta yang digunakan adalah 160 km/jam yaitu pada kecepatan maksimumnya. Model turbulensi k-? realizable dipilih sebagai model turbulensi yang paling baik pada simulasi ini. Tiga model kereta lainnya dengan panjang hidung dan lebar kap depan 4 m dan 1 m, 5 m dan 0,8 m, dan 6 m dan 0,5 m juga dilakukan pada penelitian ini. Tiap model kereta dilakukan proses simulasi untuk mendapatkan kontur tekanan dan nilai CD sehingga dapat diketahui fenomena apa yang terjadi.
Nilai CD kereta dibagi menjadi beberapa daerah agar diketahui bagian yang memiliki nilai CD yang besar. Daerah yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap nilai CD adalah daerah pada permukaan badan kereta dan daerah pada permukaan depan kereta. Nilai CD untuk bentuk awal kereta didapatkan sebesar 0,53. Sementara itu nilai CD paling kecil didapatkan untuk kereta dengan panjang profil muka 6 m dan lebar kap depan 0,5 m yaitu sebesar 0,50. Dengan demikian penghematan daya yang dihasilkan adalah 14,77 hp atau sebesar 3,3% terhadap daya mesin kereta.