digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Darwin
PUBLIC Yoninur Almira

Indonesia rawan berbagai bencana. Setiap kejadian bencana mempengaruhi kinerja operasi lalulintas, yang dapat menimbulkan kerugian ekonomi dan sosial, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pengaturan lalulintas berbasis bencana banjir. Salah satu dampak banjir adalah terganggunya pola pergerakan masyarakat. Banjir mengakibatkan beberapa ruas jalan tertutup sehingga para pengguna jalan harus mencari alternatif rute perjalanan lainnya. Perubahan pola perjalanan yang dilakukan oleh pengguna dengan sendirinya akan berdampak pada perubahan waktu tempuh serta biaya perjalanan bahkan dapat meningkatkan kerusakan Jalan, pada jalan-jalan yang tidak dipersiapkan untuk pergerakan yang volume yang besar. Fenomena ini menjadi penting untuk diteliti mengingat kejadian banjir yang terus berulang sementara kebutuhan pergerakan juga selalu ada. Penelitian doktoral ini mencoba mengisi kekosongan model gangguan lalu lintas (traffic disruption) berbasis dinamika hubungan antara dinamika banjir dengan dinamika pergerakan. Salah satu kebaharuan penelitian ini terletak pada integrasi model dinamika banjir/genangan dengan dinamika pergerakan pada sistem jaringan jalan secara sistemik dan dinamis. Selama ini pemodelan hubungan keduanya bersifat statis dan parsial pada satu ruas jalan. Unsur Kebaharuan yang dikembangkan dalam riset ini berhasil menunjukkan bahwa ganguan lalu lintas adalah fenomena kompleks yang dapat di strukturkan perilakunya melalui suatu model feedback loop. Hasil penggunaan model feed baack loop pada model gangguan lalu lintas serta ujicoba simulasinya menunjukkan bahwa kombinasi daya tarik ruas dengan probablitas pilihan pengguna jalan menghasilkan temuan bahwa sistem lalu lintas memiliki kemampuan fenomena self organizing, yang dicirikan dengan kembalinya kestabilan kinerja lalu lintas ruas setelah gangguan lalu lintas selesai. Model berhasil menunjukkan bahwa tiap ruas memilki kemampuan recovery kinerjanya yang berbeda-beda tergantung pada karaketristik ruas yang bersangkutan serta pengaruh dari karakteristik ruas yang terhubung dengannya. Delay kemampuan sistem jaringan untuk kembali pada kestabilan normalnya sangat tergantung pada kinerja masing-masing ruas. Hasil Simulasi model menunjukkan bahwa unsur-unsur kebaharuan yang dikembangkan melalui riset ini berhasil memberikan hasil simulasi yang lebih baik dalam memberikan pemahaman terhadap fenomena gangguan lalu lintas secara holistik dan komprehensif.