digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Michael Abner Janurwendo
PUBLIC Dewi Supryati

Jajak Pendapat bergerak dalam bisnis online survey panel, proses bisnis utama Jajak Pendapat adalah menghubungkan peneliti dengan panel yang bersedia untuk mengisi kuesioner peneliti, menganalisis hasil survei, dan memberi konsultasi kepada peneliti berdasarkan hasil analisis survei. Namun, peningkatan total panel tidak beriringan dengan jumlah panel aktif setiap bulannya, sedangkan salah satu company value utama yang ditawarkan oleh Jajak Pendapat adalah kecepatan hasil survei, yang bergantung pada kecepatan terpenuhinya data dari panel yang juga bergantung pada jumlah panel aktif. Untuk membangkitkan aktivitas dari panelnya Jajak Pendapat sudah mengimplementasi berbagai usaha-usaha CRM, namun usaha-usahanya belum mempertimbangkan konsep personalisasi kepada pelanggan potensial. Salah satu metode yang digunakan untuk menentukan pelanggan potensial adalah CLV. Pada penelitian ini perhitungan CLV setiap panel Jajak Pendapat menggunakan model Pareto/NBD Schmittlein & Peterson (1987). Model Pareto/NBD digunakan untuk transaksi yang bersifat non-contractual. Pada penelitian kali ini dilakukan intervensi pada model Pareto/NBD dikarenakan adanya indikasi systematic bias. Pada penelitian ini, intervensi yang dipilih adalah metode prediksi gap dengan regresi linear karena memberikan prediksi yang tidak jauh berbeda dengan metode rata-rata, namun memiliki kemampuan prediksi yang baik. Setelah menemukan nilai CLV setiap panel dilakukan segmentasi panel dengan konsep Raaij, Vernooij, & Triest (2003) dengan pengubahan sesuai dengan konsep Kotler & Keller (2012, p. 132). Segmen-segmen yang terbentuk adalah top, large, medium, small, dan loose panel. Setelah segmentasi berdasarkan CLV dilakukan, dibentuk profil segmen berbasis variabel demografis panel. Kemudian dibentuk usulan strategi retensi dan anggaran belanja berbasis kontribusi profit setiap segmen kepada perusahaan. Usulan-usulan strategi retensinya adalah rewards bertarget dan program loyalitas yang terdiri dari tier system reward, fee for VIP member, dan non-monetary program.