COVER Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
2019 TA PP ANITA FITRIANI 1-BAB 8.pdf
]
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
2019 TA PP ANITA FITRIANI 1-BAB 9.pdf
]
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Anita Fitriani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Pelayanan bongkar muat barang di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur dilakukan oleh dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Ippi-Ende dan Pelabuhan Ende (yang sekarang menjadi Pelabuhan Bung Karno). Pelabuhan Bung Karno hanya dapat melayani pada saat musim angin timur, sehingga kegiatan pelabuhan dialihkan ke Pelabuhan Ippi-Ende yang kondisinya sudah mengalami banyak kerusakan. Untuk itu, diperlukan pengembangan Pelabuhan Ippi-Ende untuk meningkatkan kegiatan operasional pelabuhan agar dapat melayani kegiatan kepelabuhanan saat musim angin timur.
Lingkup bahasan desain terdiri dari penentuan layout dermaga, dimensi dermaga dan trestle, pemodelan struktur, desain penulangan struktur, dan perhitungan daya dukung tanah. Data kapal terbesar yang dapat berlabuh di Dermaga Ippi yakni kapal dengan bobot 2500 DWT. Pemodelan struktur dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SAP2000. Dari hasil perencanaan layout ditentukan panjang dermaga 122m dengan lebar 11m dengan orientasi 300o dari utara yang dihubungkan dengan trestle sepanjang 180m dengan lebar 6m. Adapun nilai UCR (Unity Check Ratio) terbesar untuk struktur dermaga adalah 0,61 dan struktur trestle adalah 0,79.